Sekilas Tentang Ikan Lemuru

IKAN LEMURU

Sekilas Tentang Ikan Lemuru
Sekilas Tentang Ikan Lemuru

Seputarikan Lemuru atau mungkin sebagian orang menyebut dan akrab di sebut dengan ikan sarden. terdapat banyak species yang masih tergolong dalam famili lemuru, meskipun beberapa spesies yang ditemukan di air tawar. Tidak ada spesies memiliki sisik di kepala. Lemuru biasanya memakan plankton, dan berkisar dari 2 hingga 75 cm pajang ikan ini.

Biologi

Lemuru mampu bertelur hingga sampai 200.000 butir telur, di dekat permukaan air. Setelah menetas, larva hidup di antara plankton sampai mereka mengembangkan kandung kemih dan berubah menjadi dewasa. ikan-ikan dewasa biasanya hidup dalam kawanan besar.

Beberapa spesies dapat ditemukan di kedua sisi Samudra Atlantik dan Laut Mediterania. Alosa juga dapat ditemukan di seluruh Laut Kaspia.

Ikan yang mempunyai badan langsing kecil dan ramping ini cenderung bergerombol ketikan melakukan aktifitas termasuk dalam mencari makanan dan kektika ikan ini membentuk sebuah grombolan biasanya dia berputar-putar hingga terlihat seperti angin beliung dan ikan. ikan ini akan mudah di temukan jika sedang mencari makanan yaitu fitoplankton karna dapat terlihat oleh para nelayan.

Prilaku

Ikan lemuru umumnya, remaja sering ditemukan di laguna dan muara, dan ikan dewasa yang lebih umum di laut Lepas. Spesies dibedakan oleh rentang mereka dan dengan fitur tubuh tertentu, tetapi sering bingung antara species satu sama lain. Ikan dari genus ini memiliki 7 sampai 14 tanda bergaris sepanjang skala dari atas kepala.

Tulang supramaxilla berbentuk dayung merupakan ciri khas. Lemuru berevolusi dari ikan genus kecil Harengula. Kedua genera hampir tidak bisa dibedakan, tetapi memiliki sedikit perbedaan dalam morfologi.

Sekilas Tentang Ikan Lemuru | seputarikan | 4.5