Kebutuhan Nutrisi Ikan

Kebutuhan Nutrisi Ikan 

Pakan Ikan yang berkualitas baik harus memiliki kandungan sebagai berikut :

1. Protein

Dalam tubuh ikan protein berfungsi sebagi berikut :
Nutrisi
  • Zat pembangun sel-sel jaringan tubuh.
  • Pengganti sel-sel tubuh yang rusak,
  • Sebagai sumber Kalori,
  • Pembentukan enzim dan hormon,
  • mengangkut oksigen,
  • mengatur keseimbangan asam basa darah (Jauce dan Ross, 1982). Kebutuhan protin untuk ikan berbeda-beda berkisar antara 20 – 60 % (Djajasewaka, 1982). Kebutuhan di pengaruhi oleh : kandungan energi dalam ransum physiologi ikan (umur, produksi, temperatur) kualitas protein (jenis asam amino dan ketersediaanya) dan jumlah makanan yang di makan, kebutuhan protein pada ikan yang lebih kecil, lebih besar dari pada ikan dewasa, karena protein lebih banyak di butuhkan untuk mempertahankan hidup dan pertumbuhan (Djajasewaka, 1982).

2. Lemak

Lemak merupakan sumber energi yang paling tinggi dalam ikan dan dalam tubuh ikan memegang peranan dalam menjaga keseimbangan dan daya apung ikan  dalam air. di dalam lemak terdapat asam-asam lemak yang berfungsi senagai pelarut dari beberapa vitamin seperti : Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin K. penambahan minyak dalam ransum makanan  dapat mendukung pertumbuhan ikan yang optimal. adapun kebutuhan lemak dalam pakan ikan berkisar 4-18 .

3. Karbohidrat 

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi dalam makanan ikan. karbohidrat sebagian besar di dapat dari bahan nabati, sedangkan kadarnya di dalam makanan ikan adalah berkisar antara 10 – 50 %. hal ini tergantung jenis ikanya, misalnya untuk ikan-ikan karnivora sangat sedikit membutuhkan karbohidrat dan apabila melebihi dari 12 % akan terjadi penimbunan glikogen yang berlebihan dalam hati. karbohirat dalam bentiuk serat kasar sebenarnya tidak termasuk dalam zat gizi yang sangat di perlukan, karena sukar sekali di cerna. Dalam pembuatan pakan ikan kandungan serat kasar kurang dari 8 % adalah lebih baik dan aman, tapi apabila berlebihan s/d 12 % akan membahayakan bagi pertubuhan ikanya.

4. Vitamin dan Mineral

Vitamin merupakan senyawa yang sangat penting perananya dalam kehidupan ikan meskipun tidak merupakan sumber tenaga, tapi di butuhkan sebagai katalisator terhadap proses metabolisme dalam tubuh. Meskipun vitamin yang dibutuhkan hanya sedikit, tapi bila kekurangan dapat menimbukan gangguan dan penyakit. Vitamin di kelompokan menjadi dua golongan, yaitu vitamin yang larut dalam lemak ( seperti : vit. A,D,E dan K) dan vitamin yang larut dalam air (yaitu : Vit B dan Vit C) kebutuhan vitamin sertiap ikan di pengaruhi berbagai faktor (seperti : ukuran ikan, umur, kondisi lingkungan, dan suhu air) dan saling berpengaruh di antara zat makanan yang tersedia.
Mineral adalah zat organik yang di butuhkan oleh ikan untuk pembentukan jaringan tubuh, proses metabolisme dan mempertahankan keseimbangan osmotis. makanan alami biasanya telah banyak mengandung mineral yang secara langsung di serap dari dalam air melalui insang, namun umumnya mineral itu di dapatkan dari makanan, sehingga beberapa macam mineral yang penting perlu kita tambahkan pada proses pembuatan pakan.
Kebutuhan Nutrisi Ikan | seputarikan | 4.5